Buka Usaha Setelah PHK

Buka usaha setelah PHK menjadi pilihan favorit, selain karena adanya uang pesangon yang dapat dijadikan sebagai modal, korban PHK seringkali merasa bosan atau jenuh untuk menjadi pegawai. Sehingga memulai sebuah peluang usaha pun menjadi pilihan. Apalagi saat ini juga sudah banyak korban PHK yang membuktikan bahwa mereka bisa menjadi lebih sukses dan kaya setelah di PHK dengan menjalankan sebuah bisnis. memang tidak tidak mudah untuk dilakukan, karena untuk memulai sebuah usaha dibutuhkan pesiapan yang matang, modal materi dan juga pengetahuan yang memadai tentang bisnis yang akan dikembangkan.

Nah, bagi Anda korban PHK yang ingin memulai untuk menjalankan peluang usaha, berikut ini adlaah beberapa tips yang bisa diikuti untuk buka usaha setelah PHK yang bisa Anda ikuti:

  1. Temukan peluang usaha yang tepat
    Ada banyak sekali pilihan peluang usaha yang ada, namun harus diketahui bahwa jenis peluang usaha yang dipilih akan sangat berpengaruh terhadap masa depan bisnis Anda, apakah ini akan menjadi bisnis yang sukses dan menguntungkan atau sebaliknya. Karena itulah Anda harus lebih cermat dan selektif dalam memilih agar bisa menemukan jenis peluang usaha yang prospektif.Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih sebuah peluang usaha adalah prospektivitas bisnis tersebut, kemudahan dalam menjalankannya, kesesuaian dengan modal yang dimiliki dan juga kondisi pasar saat ini.Sekarang banyak sekali pilihan usaha yang bisa menjadi pertimbangan, salah satunya adalah membeli paket usaha atau waralaba yang siap dijalankan, jadi tidak bingung lagi bagaimana cara memulai usaha ini. Salah satu contohnya yang mudah dijalankan dan banyak mitranya yang sukses adalah kuch2hotahu.
  2. Visi dan misi usaha
    Sebuah usaha harus mempunyai visi dan misi yang jelas, karena dengan visi misi inilah maka tujuan dan langkah usaha tersebut dapat terstruktur dengan baik untuk menunjang pengembangan usaha yang dibangun.
  3. Jangan pernah takut untuk gagal
    Ini merupakan hambatan paling besar yang dialami oleh para korban PHK yang ingin memulai untuk buka usaha setelah PHK. Pengalaman dan pengetahuan yang minim membuat mereka tidak cukup optimis untuk memulai berbisnis. namun percayalah bahwa dengan persiapan yang matang dan selali berpikir serta bertindak positif, maka Anda pun dapat melewati semuanya dengan baik. Segeralah untuk mengambil keputusan dan memulai, karena terlalu lama berpikir dan menundanya hanya akan membuat Anda tertinggal dan bahkan menghancurkan impian Anda untuk berbisnis.
  4. Selalu belajar dan mengikuti perkembangan pasar
    Amati pengusaha yang telah sukses, terutama mereka yang bergerak di bidang yang sama. Anda bisa melakukan ATM atau amati, tiru dan modifikasi. Ini akan lebih mudah untuk dilakukan, terutama oleh Anda yang memiliki pengalaman terbatas dalam berbisnis. Hal penting lainnya yaitu perdalam pengetahuan mengenai semua hal yang berhubungan dengan bisnis yang Anda jalankan, ini sangat penting agar produk atau jasa dapat berkembang dan lebih inovatif.
  5. Selalu berinovasi
    Bisnis tanpa inovasi akan mati, karena masyarakat dan kondisi pasar yang sangat dinamis dimana kebutuhan dan selera mereka cenderung terus berubah dari waktu ke waktu. Tingginya persaingan bisnis juga menjadi pemicu pentingnya melakukan inovasi bisnis. Tanpa inovasi Anda akan ditinggalkan dan kehilangan pelanggan.
  6. Menjaga konsistensi
    Terakhir, terpenting dan seringkali menjadi bagian yang tersulit adalah menjaga semangat dan konsistensi dalam menjalankan bisnis. tidak sedikit orang yang menyerah dan tidak menuntaskan bisnis mereka karena mudah bosan dan tidak mampu menghadapi hambatan atau permasalahan yang muncul dalam menjalankan bisnis. Anda tentu tidak ingin menjadi bagian dari mereka bukan? Karena itulah sangat penting untuk menjaga konsistensi dan senantiasa positif dalam buka usaha setelah PHK.
Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Artikel Terkait

Kapan Balik Modal ?

KAPAN BALIK MODAL? Ini merupakan pertanyaan yang paling sering diajukan oleh calon mitra sebuah waralaba. Memang mengetahui estimasi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk dapat

Read More »

Franchise Baru

Franchise adalah salah satu cara mengembangkan usaha diantara cara usaha yang lain seperti membuka cabang sendiri atau menjalin kemitraan dengan orang lain. Didalam bisnis franchise

Read More »