Usaha Yang Cocok Setelah PHK

Usaha yang cocok setelah PHK– PHK atau pemutusan hubungan kerja adalah momok yang sangat menakutkan bagi siapa saja yang berprofesi sebagai karyawan. Karena terkena PHK berarti bahwa seorang karyawan akan kehilangan pekerjaan dan juga kehilangan sumber penghasilan. Namun seringkali PHK tidak bisa dihindarkan, meskipun ini juga merupakan bagian terberat bagi sebuah perusahaan, tetapi karena satu atau beberapa alasan mereka harus melakukannya.

Bagi Anda korban PHK, sebaiknya tidak berputus asa karena meskipun mengalami pemutusan hubungan kerja, namun Anda masih memiliki banyak kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan dari perusahaan lain atau bahkan bisa juga merintis sebuah bisnis. apalagi perusahaan yang melakukan PHK juga seringkali memberikan sejumlah uang sebagai pesangon untuk para karyawan terPHK.

Diharapkan pesangaon yang diberikan ini bisa bermanfaat bagi mereka, baik itu untuk memenuhi kebutuhan selama belum menemukan pekerjaan baru atau bahkan untuk digunakan sebagai modal dalam merintis sebuah usaha.

Menjadi pengusaha setelah PHK memang banyak dilakukan oleh para korban PHK, bahkan tidak sedikit dari mereka yang juga telah berhasil menjadi pengusaha sukses dengan omset luar biasa besar. Nah, apakah saat ini Anda sedang mencari usaha yang cocok setelah PHK? Jika demikian, maka beberapa referensi berikut ini bisa menjadi pertimbangan Anda:

  1. Peluang usaha kuliner
    Kuliner selalu menjadi pilihan menarik untuk mereka yang ingin terjun dalam dunia bisnis. tentu saja karena bisnis kuliner memang relative mudah untuk dijalankan, selain itu bisnis ini juga memiliki potensi yang sangat besar. Karena kuliner atau makanan merupakan kwbutuhan penting bagi manusia. Ada banyak sekali pilihan konsep yang bisa diambil, misalnya dengan cara membuka jasa catering, membuka café, restaurant dan sebagainya.
  2. Kerajinan tangan
    Bagi Anda yang terampil dan memiliki bakat khusus dalam membuat kreasi produk, Anda bisa membuka peluang usaha kerajinan tangan, misalnya pernak-pernik, hiasan, aksesoris, souvenir dan sebagainya, kemudian mempromosikannya secara online untuk menjangkau target market yang lebih luas.
  3. Waralaba
    Bagi Anda yang bingung memulai, menentukan produk dan melakukan branding, maka usaha waralaba pun bisa menjadi pilihan. Seperti diketahui bahwa usaha yang cocok setelah PHK jenis waralaba ini adalah usaha yang mudah dijalankan, karena baik sistem, produk maupun brand telah tersusun dan teruji. Sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan persiapan apapun, tetapi bisa langsung start.
  4. Agen produk
    Menjadi agen resmi dari sebuah produk tertentu juga bisa menjadi pilihan, misalnya agen makanan atau minuman tertentu, frozen food, isi ulang air atau bahkan agen gas elpiji. Pastikan bahwa produk yang dipilih adalah produk yang diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat luas.
  5. Bisnis property
    Memiliki cukup modal untuk membangun ruko, kos-kosan atau rumah kontrakan, maka peluang usaha property bisa menjadi pilihan. Meskipun membutuhkan modal yang tidak sedikit, namun bisnis realtif mudah dilakukan,memiliki resiko yang sangat minim dan yang paling penting adalah memiliki prospek yang cerah di masa depan.
  6. Membuka peternakan
    Memiliki pengetahuan dalam tentang binatang ternak, lahan untuk berternak atau kegemaran dalam bidang ini, maka Anda pun bisa memilih untuk menjalankan usaha peternakan.

Selain dari beberapa referensi peluang usaha diatas, sebenarnya masih ada banyak lagi peluang usaha lain yang bisa dipilih. Apapun yang Anda pilih, pastikan bahwa peluang usaha yang cocok setelah PHK tersebut memiliki prospek yang cerah, sesuai dengan keterampilan maupun minat dan sebagainya.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Terkait

Kapan Balik Modal ?

KAPAN BALIK MODAL? Ini merupakan pertanyaan yang paling sering diajukan oleh calon mitra sebuah waralaba. Memang mengetahui estimasi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk dapat

Read More »

Peluang Usaha Kecil

Peluang usaha kecil, disebut demikian karena dalam menjalankan usaha dalam skala kecil modal yang dikeluarkan tidak banyak, dalam pelakasanaan tidak membutuhkan banyak karyawan. Ada banyak

Read More »