Pengalaman Usaha Setelah PHK

Sebagaian besar korban PHK tidak memiliki cukup pengalaman usaha setelah PHK. Hal ini seringkali menjadi kendala bagi mereka para korban PHK dalam memulai sebuah bisnis. Namun ini tidak berarti bahwa korban PHK tidak dapat sukses dalam berbisnis, karena bukti menunjukkan bahwa tidak sedikit para pebisnis sukses yang berawal dari korban PHK.

Bahkan meski Anda adalah orang yang tidak memiliki cukup pengalaman serta pengetahuan yang cukup dalam dunia bisnis. Karena saat ini juga ada banyak sekali jenispeluang usaha yang tidak hanya memiliki prospek cerah saja, tetapi juga lebih mudah untuk dijalankan, bahkan orang seorang pemula sekalipun, karena Anda tidak perlu lagi melakukan persiapan sebagaimana saat memulai bisnis independen.
Adalah peluang usaha waralaba yang merupakan salah satu peluang usaha paling direkomendasikan, terutama untuk Anda para korban PHK yang tidak memiliki cukup kemampuan atau keahlian dalam berbisnis. Ini karena waralaba merupakan peluang usaha yang sudah matang dan terkonsep semuanya.

Sehingga Anda tidak perlu lagi repot untuk melakukan berbagai persiapan, karena baik produk, brand, lisensi dan semuanya sudah terbentuk secara matang. Saat ini juga ada banyak sekali jenis waralaba yang ada, ini berarti bahwa Anda pun bisa lebih mudah dalam memilih dan menyesuaikannya dengan minat maupun modal yang dimiliki.

Yang, memang tidak diragukan lagi bahwa pengalaman usaha setelah PHK dengan waralaba akan membantu Anda untuk lebih mudah dalam menjalankan bisnis. naun banyaknya jenis peluang usaha waralaba yang ada tidak jarang membuat Anda repot dan bingung dalam memilih. nah, bagi Anda yang tertarik untuk bergabung dengan sebuah waralaba, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diikuti untuk bisa menemukan peluang usaha waralaba yang terbaik:

  1. Lihat Catatan Sejarah waralaba
    Kenali dengan baik pewaralaba atau franchisor seperti misalnya sudah berapa lama bisnis tersebut dijalankan, bagaimana repon pasar terhadap produk atau jasa yang ditawarkan, bagaimana prospek bisnis di masa mendatang dan sebagainya. Ini adalah langkah awal terpenting untuk mengetahui apakah bisnis tersebut adalah waralaba yang baik atau tidak.
  2. Perhatikan Produk atau jasa
    Ini adalah bagian penting yang tidak boleh diabaikan, karena sebagus apapun kualitas dan track record dari sebuah waralaba, jika tidak didukung dengan produk atau jasa berkualitas juga akan percuma. Pastikan bahwa Anda hanya memilih peluang usaha waralaba dengan produk atau jasa yang bagus, dibutuhkan atau diminati oleh banyak orang, memiliki pangsa pasar yang luas dan juga tidak bersifat musiman.
  3. Sesuaikan harga waralaba dengan modal yang dimiliki
    Saat ini ada banyak sekali jenis waralaba dimana masing-masing menawarkan harga bervariasi, mulai dari jutaan hingga ratusan juta. Tentu ini akan membantu Anda untuk lebih mudah dalam menyesuaikannya dengan modal yang dimiliki. namun sebaiknya tetap cermat dan bijak dalam mempertimbangkan segala aspek untuk bisa mendapatkan jenis peluang usaha waralaba yang terbaik.
  4. Persiapakan teknik secara matang
    Bahkan setelah Anda menemukan waralaba yang tepat, tugas tidak akan berhenti disitu. Anda masih harus memilih dan menemukan lokasi yang strategis dan tepat untuk dijadikan sebagai lahan berbisnis, melakukan rekrutmen karyawan atau membekali diri dengan baik, selalu menjaga konsistensi dalam menjalankan bisnis dan tentu saja berupaya untuk berinovasi, karena meski ini merupakan pengalaman usaha setelah PHK namun bisnis tanpa inovasi maka tidak akan berkembang.
Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Artikel Terkait

Bisnis Kuliner

Tidak semua ibu rumah tangga dapat menghidangkan masakan di rumah, kerena padatnya kesibukan dan aktifitas, membuat mereka lebih memilih untuk membeli makanan di luar rumah.

Read More »