Usaha Franchise : Definisi dan Informasi Penting

Usaha franchise bisa dikatakan sedang naik daun, begitu banyak yang memulai bisnisnya dengan memanfaatkan kesempatan membuka usaha dengan model waralaba atau franchise ini. bagi Anda yang masih awam dalam hal usaha, peluang usaha dan jenis-jenis usaha, pada artikel ini kami akan membahas beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan tentang franchise.

Informasi Penting Usaha Franchise

Definisi

Adalah kesepakatan antara pemilik ide dan konsep usaha dengan pembeli konsep tersebut, dimana pembeli konsep memiliki hak untuk menggunakan logo dan merek dagang serta kemampuan memasarkan produk franchise tersebut.  kedua pihak akan berkomitment berdasarkan perjanjian yang berkekuatan hukum untuk melindungi hak masing-masing.

Membeli Franchise

Artinya Anda membeli ide dan konsep sebuah bisnis, merek dagang dan mengetahui bagaimana untuk menjalankan serta mengembangkannya. Sebagai gantinya, Anda akan membayar biaya waralaba aatau franchise dan beberapa persen dari keuntungan Anda.

Lebih baik membeli franchise atau memulai bisnis sendiri?

Berdasarkan survey yang dilakukan beberapa lembaga perdagangan dan industri dunia, mayoritas usaha franchise merupakan perdagangan yang menguntungkan setlah berjalan lima tahun. Sedangkan untuk memluai usaha sendiri, menurut hasil survey, sayangnya, mereka mengalami kegagalam bahkan sebelum 3 tahun pertama.

Keuntungan Membeli Franchise

Anda bukan hanya mendapatkan ide atau konsep bisnis yang telah teruji menghasilkan dan bertahan, namun Anda juga akan emndapatkan dukungan pemasaran serta pelatihan sebagai imbalan dari biaya franchise.

Biaya Franchise

Tidak ada harga yang tetap atau dijadikan patokan untuk membeli sebuah franchise. Ini tergantung dari jenisnya, pemiliknya, dan juga perkiraan peruntungan.

Cara mendapatkan yang terbaik

Langkah pencarian di internet atau dari seminar-seminar bisnis untuk mendapatkan usaha franchise yang telah teruji dan benar-benar memberikan peluang bisnis yang baik untuk jangka panjang.

Cara mendapatkan dana untuk membeli franchise

Sebagian besar bank telah membuka kesempatan bagi para pengusaha kecil menengah untuk mendapatkan pinjaman sebagai modal usaha. Anda bisa mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar (berdasarkan jaminan dan sejarah kredit).

Apakah bisa dijual kembali?

Jika Anda ingin berpindah lahan bisnis, sedangkan usaha franchise yang Anda beli sudah tidak sesuai, Anda bisa menjualnya kembali kepada orang lain. Dalam artian memindahkan kontrak bisnis dengan franchisor kepada orang lain.

 

 

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Artikel Terkait

Daftar Franchise Indonesia

Daftar Franchise Indonesia Apakah Anda sedang mencari peluang usaha dan ingin mencoba untuk berwirausaha? Atau mungkn Anda bosan menjadi seorang pegawai kantoran yang selalu dipusingkan

Read More »